Jantung dan Pembuluh darah

Jantung dan Pembuluh darah

Jantung dan Pembuluh Darah

Organ pembentuk Sistem Peredaran Darah
Organ penyusun sistem peredaran darah terdiri atas 2 bagian utama yang meliputi pembuluh darah dan jantung.
  1.  Pembuluh Darah
             Pembuluh darah terdiri atas pembuluh nadi dan pembuluh balik. Pembuluh darah akan bercabang membentuk pembuluh yang lebih halus, disebut pembuluh kapiler. Pada bagian ujung pembuluh ini, pembuluh nadi dan pembuluh balik saling bertemu. Oleh karena itu, pembuluh darah kita merupakan pembuluh darah tertutup. Darah kita selalu beredar dan berada di dalam pembuluh darah.
             a. Pembuluh Nadi
       Pembuluh nadi adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi paling besar adalah nadi yang paling dekat dengan jantung, disebut nadi besar (aorta). Aorta bercabang-cabang membentuk pembuluh nadi yang disebut arteri. Arteri masih bercabang menjadi nadi yang kecil disebut arteriol. Pada ujung arteriol terbentuk banyak percabangan yang sangat lembut dan membentuk anyaman pembuluh, disebut kapiler arteri.
Dari jantung keluar pembuluh nadi besar, melengkung, dan membentuk percabangan menuju tubuh bagian atas dan bawah.

           b.  Pembuluh Balik
     Pembuluh balik adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Pembuluh balik dimulai dari pembuluh kapiler vena yang ada di jaringan. Beberapa pembuluh balik diantaranya adalah cabang dari paru-paru (vena pulmonalis) dan cabang dari hati  (vena hepatica). Vena akan bergabung  membentuk pembuluh balik yang lebih besar lagi, disebut pembuluh balik utama (vena cava). Vena Cava yang menjadi muara vena dari dari tubuh bagian bawah disebut vena cava inferior. Vena cava dari tubuh bagian atas disebut vena cava superior. Kedua vena itu bergabung menjadi satu, dan masuk ke jantung.
Tabel perbedaan pembuluh nadi dan vena
Darah pada pembuluh arteri yang berasal dari jantung, umumnya merupakan darah segar atau darah bersih karena mengandung banyak O2 dan sedikit CO2. Sebaliknya pembuluh balik yang membawa darah dari jaringan, umumnya merupakan darah kotor karena membawa membawa banyak sisa metabolisme, yaitu CO2 dan H2O.
2.      Jantung
         Jantung berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh yang terletak di dalam rongga dada agak ke kiri. Ukuran jantung hampir seukuran dengan kepalan tangan kita masing-masing.
  1. Struktur jantung
Struktur Jantung
Struktur Jantung
           Bagian dalam jantung terdiri dari 4 buah bilik rongga. Keempat rongga tersebut terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian kanan dan kiri yang dipisahkan oleh dinding otot yang dikenal dengan istilah septum.Pada bagian kanan dan kiri terbagi lagi menjadi 2 bilik. Rongga bilik sebelah atas disebut dengan atria dan dua bilik bawah yang disebut denganventricleyang memiliki peran dalam memompa darah menuju arteri.Sesuai dengan etimologis, jantung pada dunia medis memiliki istilah cardio / kardio. Ialah berasal dari bahasa latin, cor. Dimana cordalam bahasa latin memiliki arti : sebuah rongga. Sebagaimana bentuk dari jantung yang memiliki rongga berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah dalam kontraksi berirama yang berulang dan berkonsistensi.Pun, dalam kedokteran istilah kardiak memiliki makna sgala sesuatu yang berhubungan dengan jantung. Dalam bahasa Yunani,cardia sendiri digunakan untuk istilah jantung.
Ruang Jantung terbagi atas empat ruang.
1.   Serambi kanan dan serambi kiri yang dipisahkan oleh septum intratrial,
2.   Bilik kanan dan bilik kiri yang dipisahkan oleh septum interventrikular.



SUMBER: https://amiratul.wordpress.com/ipa-2/sistem-peredaran-darah/jantung/

Komentar